logo

Mengenal Heli Panther Wing Udara 2 yang diterbangkan KASAL

TNI AL-Dispen Puspenerbal (12/9/2023) | Helikopter AS565 MBe atau lazim disebut "Panther" mengantarkan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) untuk menerima Brevet Kehormatan Penerbangan TNI Angkatan Laut dari Puspenerbal, setelah orang nomor satu dijajaran TNl AL ini menjadi Copilot AS565 MBe HS1311 yang digelar di Apron Bandara Juanda, Senin (12/9/2023).

Helikopter Panther, merupakan salah satu helikopter di bawah operasi Skuadron Udara 100 Wing Udara 2 Puspenerbal. Helikopter buatan Eurocopter (kini Airbus Helicopter) ini memiliki kemampuan terbang selama 4 jam lebih dan radius hingga 827 Km, dengan kemampuan mesin 2 × Turbom├ęca Arriel 2C turboshaft, dengan kekuatan 635 kW (852 hp)  yang mampu mendorong hingga kecepatan 306 km/jam.

Komandan Wing Udara 2 Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Ma'arif, menjelaskan bahwa di Skuadron Udara 100 Wing Udara 2 Puspenerbal, Helikopter ini memiliki tugas pokok sebagai helikopter Anti Kapal Selam (AKS). AS565 MBe Panther ini mampu membawa torpedo dan sonar untuk melaksanakan misi operasi Anti Kapal Selam.

Selain sebagai heli AKS lanjut Ma'arif, heli ini juga biasa digunakan sebagai helikopter angkutan udara VIP dalam beberapa misi dan operasi yang pernah dilaksanakan.

Heli ini juga yang diterbangkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali ditemani oleh instruktur pilot Mayor Laut (P) Rai Terianom yang keseharian menjabat sebagai Perwira Operasi Wing Udara 2 Puspenerbal, pada acara Penyematan Brevet Kehormatan Penerbang TNI Angkatan Laut.

Antusias KASAL dalam menerbangan helikopter AKS ini tentu saja menjadi kebanggaan bagi seluruh personel TNI AL, khususnya Wing Udara 2 Puspenerbal.

Tags

advertisement centil

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.